Friday Nov 28

Tarif Mobile Broadband Indonesia Termurah di Dunia

Rabu, 11 Agustus 2010 - 13:43 wib

LONDON  ­ - Tarif mobile broadband di tiga negara, Inggris, Prancis dan Indonesia dinilai termurah di dunia. Hal itu terungkap melalui studi perbandingan harga yang dilakukan oleh ABI Research.

Di Indonesia, ABI mengungkapkan paket data 4 GB untuk BlackBerry Internet Service (BIS) hanya berkisar USD17 atau sekira Rp170 ribu (USD1=Rp10.000) per bulan. Abi melihat penggunaan mobile internet di Indonesia dan negara-negara berkembang lainnya didorong oleh popularitas BlackBerry dan ponsel cerdas lain yang kian meningkat.
Sementara, operator penyedia layanan mobile broadband di negara maju tak dapat memberikan tarif murah mengingat tingginya permintaan data pada jaringan mereka. Sehingga operator di negara-negara besar memiliki keterbatasan untuk menerapkan tarif murah.

"AT&T mengadopsi tarif berjenjang seperti yang sudah dilakukan pasar Eropa dan ini akan menandai akhir dari penawaran paket data 'unlimited'," kata analis ABI Research Bhavya Khanna seperti dilansir Cellular-News, Rabu (11/8/2010).

Khanna memaparkan, negara-negara lain seperti Italia dan Filipina juga telah mencoba untuk menyesuaikan tarif berdasarkan waktu (time based) dan bukan berdasarkan konsumsi data (volume based).

Sejak penggunaan data tumbuh, operator perlu untuk memperkenalkan harga inovatif mengelola data dan bandwidth mereka agar dapat memberikan pengalaman bagi pengguna dalam berkoneksi internet. (ugo - Stefanus Yugo Hindarto - Okezone)